Jakarta021-58906959 | Surabaya031-5917512 | marketing@sinarmetrindo.co.id

News

Keuntungan Kabel Listrik Bawah Tanah

Saat ini bila anda membaca promosi perumahan baru, salah satu fitur yang ditawarkan adalah pemasangan kabel listrik dan kabel internet fiber optic di bawah tanah. Hal ini berarti pemasangan kabel listrik dan telekomunikasi di bawah tanah, bukan digantung di atas tiang listrik. Selain untuk menambah keindahan lingkungan perumahan dengan tiadanya tiang-tiang listrik, ketiadaan kabel listrik yang menggantung dan tiang listrik berdiri setiap beberapa meter juga memberi keuntungan lain yaitu, mengurangi risiko mati listrik yang diakibatkan hujan dan angin lebat. Tak hanya itu pemasangan kabel bawah tanah juga mengurangi biaya pemeliharaan dalam jangka waktu panjang, meskipun di awal, biaya yang harus diinvestasikan lebih besar.

Keuntungan-keuntungan kabel bawah tanah adalah:

  1. Menghindari kerusakan diakibatkan oleh cuaca buruk seperti angin kencang, hujan lebat, hujan petir, atau faktor eksternal lain seperti pesawat terbang atau burung yang terbang rendah.
  2. Radiasi magnetik yang lebih kecil karena tertahan oleh pelindung tambahan.
  3. Panjang kabel lebih pendek. Tiang listrik menggunakan jumlah kabel yang lebih panjang karena untuk menjaga jarak aman, perawatan dan perbaikan.
  4. Tindakan kriminal seperti pencurian listrik atau komponen lebih sulit dilakukan.

Kerugian kabel bawah tanah:

  1. Membutuhkan investasi lebih mahal di awal, apalagi bila pemasangan kabel bawah tanah dilakukan di daerah yang padat dengan bangunan dan penduduk.
  2. Perawatan dan perbaikan yang lebih lama karena harus menggali terlebih dahulu sehingga bisa memakan waktu berhari-hari.
  3. Kecerobohan ketika melakukan penggalian di dekat kabel bawah tanah sehingga memutuskan kabel.
  4. Penggantian kabel atau komponen yang sulit sehingga harus ada pertimbangan dengan memasang kabel atau komponen yang berkualitas lebih baik namun dengan biaya yang lebih mahal.
  5. Sangat rentan terhadap gempa bumi.

Share this post