Get in touch! (+62)-21-58906959 | marketing@sinarmetrindo.co.id

News

Kapal Pembangkit Listrik Dikabarkan Meledak di Sulawesi

Pada hari minggu tanggal 25 November pukul 9.28 WITA, terdengar suara ledakan yang berasal dari Kapal Leasing Marine Vessel Power Plant (LVMPP) Karadeniz. Beberapa unggahan di sosial media juga menunjukkan foto kapal LVMPP Karadeniz tertutup asap putih di atasnya. Setelah kejadian tersebut, di sebagian wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo terjadi pemadaman listrik sekitar 3 jam.

Setelah ditelusuri oleh petugas yang bekerja di kapal tersebut, suara ledakan berasal dari pipa stim yang bocor. Manager Operasi PLTU terapung tersebut segera memberikan klarifikasi mengenai kabar ledakan tersebut; bukan ledakan tetapi kebocoran pada pipa stim karena overheat di boiler sehingga tekanan yang sangat kuat melontarkan uap dan material ke udara dan air sehingga terdengar seperti suara ledakan. Seperti yang terlihat di foto di sosial media, terlihat uap putih menutupi bagian atas kapal bukan asap. Uap tersebut berasal dari pipa yang bocor dan tidak ada bagian kapal yang meledak.

Setelah kebocoran tersebut, petugas langsung melakukan proses penormalan. Kabar terakhir yang diperoleh memastikan saat ini kapal sudah bekerja normal kembali dan pasokan listrik sudah tersedia kembali pada pukul 16.44 WITA pada hari yang sama.

Kapal LVMPP Karadeniz atau bernama lengkap Karadeniz Powership Zeynep Sultan beroperasi sejak awal tahun 2016. Kapal tersebut berasal dari Turki. Ia berlabuh di pelabuhan Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara dan terhubung dengan PLTU Amurang. Kapal tersebut berkapasitas 120 MW, memiliki 6 generator dan 1 turbin uap. memberikan pasokan listrik ke wilayah-wilayah di Sulawesi utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Share this post